Prestasi masa pandemi |
Pademi
telah melumpuhkan hampir berbagai bidang, mulai dari kesehatan, ekonomi,
pariwisata bahkan sampai pendidikan. Ribuan siswa kini mengikuti pembelajaran
dari rumah atau dengan istilah daring. Tidak hanya siswa, guru pun ikut
memberikan pembelajarn melalui daring dengan berbagai aplikasi-aplikasi
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Wabah covid-19 telah menutup akses
pembelajaran secara tatap muka sejak maret 2019.
Hal
ini tentu memiliki dampak negatif dan postif bagi siswa dan guru. Adapun dampak
negatifnya dalam pembelajaran yaitu merosotnya tingkat pemahaman siswa terdahap
pembelajaran. Selain itu dampak lain adalah kurang efektifnya pembelajaran
di sekolah. Segala sesuatu yang akan di lakukan antara guru dan siswa akan
tebatasa kerena wabah ini. Serta masih banyak dampak-dampak lainnya yang
ditimbulkan dari wabah ini.
Selain
dampak negatif, pandemi ini juga memilki dampak postif, yaitu dengan adanya
wabah virus corona, mau tidak mau seorang pendidik dan siswa menjadi mahir dalam
penggunaan teknologi. Secara tidak langsung guru dan siswa akan terus belajar
menggunakan teknologi yang ada. Banyak flatfrom
digital yang menawarkan aplikasi pembelajaran gratis bagi penggunanya. Aplikasi-aplikasi
yang bisa di akses oleh guru dan siswa sebagai media komunikasi antara siswa
dan guru.
Menciptakan
Suasana Menyenangkan Bagi siswa
Dalam
masa pandemi banyak guru yang kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran. Menyenangkan
atau tidak tergantung dari guru itu sendiri. Bagaiamana seorang guru mampu
meracang pembelajaran dengan baik. Banyak hal yang bisa dilakukan guru agar
pembelajaran di masa pandemi saat ini agar menarik minat siswa.
·
Mengetahui kondisi awal siswa sebelum
pembelajaran itu dimulai. Mengetahui kondisi awal siswa ini akan sangat
berpengaruh terhadap situasi pembelajaran siswa. Sukses atau tidaknya dalam
pembelajaran tergantung dari situasi dan kondisi saat itu.
·
Mengajak siswa mengikuti lomba online. Pandemi
bukan berarti seorang guru dan siswa hanya berdiam saja di rumah tanpa
melakukan apa-apa. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan dari rumah. Mengingat
semakin canggihnya perkembangan teknologi saat ini. Apalagi dimasa pandemi seperti
ini banyak instansi-instansi yang melaksanakan lomba secara online. Sebagai
seorang guru yang kreatif kita bisa mengajak dan menuntun siswa untuk mengikuti
berbagai lomba, misalnya seperti lomba tiktok, lomba video kreatif dan lain
sebagainya. Masih banyak lomba-lomba yang bisa diikuti secara online atau
daring. Dengan cara ini secara otomatis akan mengurangi rasa jenuh dan rasa
bosan siswa ketika berdiam diri di rumah saja.
·
Melakukan pendekatan terhadap siswa. Hal
ini akan sangat penting dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Sesekali
seorang guru boleh-boleh saja untuk mengadakan pembelajan melalui Zoom Meetings
agar bisa melakukan percakapan atau sekadar menyapa siswanya walaupun hanya
lewat online. Selain itu bisa juga kita memberikan kebebasan terhadap siswa
dalam pembelajaran asalkan hal yang dia lakukan memiliki nilai positif dan
memiliki kebermaknaan baginya.
·
Mengurangi tugas yang menumpuk. Hal yang
terpenting dalam pembelajaran online adalah mengurangi pemberian tugas yang
banyak bagi siswa. Jika ini terjadi maka bukanya memerdekakan siswa tetapi
justru membebani siswa. Psikologis siswa bisa saja akan terganggu karena stres memikirkan
dan mengerjakan tugas yang terlalu banyak.
·
Membuat tugas yang menarik. Seorang guru
harus bsa memvariasikan materi ajar dan tugas agar lebih menyenangkan dan
memiliki daya tarik bagi siswa. Misalnya dengan membuat video pembelajaran, membuat blog dana lain sebagainya.
·
Memberikan layanan prima bagi siswa. Dimusim
pandemi guru harus bisa memberikan layanan prima kepada siswasnya, misalnya
dengan menuntun siswa yang tidak bisa menggunakan satu aplikasi tertentu yang
akan digunakan dalam pembelajaran.
D
Menjadi
seorang guru adalah tugas yang begitu mulia. Guru tidak hanya memberikan nilai
pada siswa tetapi juga membuat dan menciptakan kebermaknaan bagi siswa. Tugas seorang
guru hanya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan selebihnya siswa yang memiliki
tugas untuk mengembangkan bakat dan kreativitasnya sendiri. Biarkan siswa
tumbuh dan berkembanga sesuai kodratnya sehingga tumbuh pembelajaran yang
memerdekakan siswa.
ugas seorang guru hanya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan selebihnya siswa yang memiliki tugas untuk mengembangkan bakat dan kreativitasnya. Keren Bu Dwi sangat menginspirasi
BalasHapusTerimkasih ibu rita🙏🙏
BalasHapusSangat menginspirasi.. Semga kedepannya semakin bisa menumbuhkan siswa yg kreatif
BalasHapusTerimakasih
HapusSangat menginspirasi bagi pembaca... Mantul... Semangat untuk menulis.
BalasHapusTerimakasih🙏🙏
HapusTerus berkreativitas!!
BalasHapusGreat...
Terimkasih🙏
HapusMntapp selmt mg skss sll literasi
BalasHapusTerimaksih pak🙏
HapusTerimakasih banyak atas tulisannya
BalasHapusTerimakasih om jay mohon bimbingannya🙏
Hapus