Protected by Copyscape

Sabtu, 01 Agustus 2020

MENYIMPULKAN INFORMASI LAPORAN PERCOBAAN



Setelah mempelajari unit ini, kita diharapkan mampu menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dibaca.

Materi ini dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.

Untuk mempelajari unit ini, kita dapat membuka buku yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 yaitu Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Cetakan Ke-2.2018 (Edisi Revisi) halaman 13-20 dan sumber lainnya.

Teks laporan percobaan adalah teks yang melaporkan kegiatan percobaan, mulai dari rumusan tujuan sampai pada kegiatan penyimpulan. Percobaan yang dimaksud dapat berkaitan dengan percobaan soal makanan, siklus air dan udara, serta peristiwa-perisitiwa alam lainnya. Di dalamnya diyatakan hasil dari kegiatan percobaan yang dilakukan sebelumnya. 

Teks laporan percobaan dapat berbentuk buku referensi (ensiklopedia), film dokumenter, hasil penelitian, dan lain-lain. Tujuan teks laporan adalah untuk memperinci, mengklasifkasi, dan memberi informasi faktual tentang orang, hewan, objek, atau fenomena. Pada unit ini kita belajar teks laporan hasil percobaan yang berupa buku pengetahuan. Buku pengetahuan maupun ensiklopedi merupakan laporan hasil pengamatan para peneliti terdahulu. Dari buku tersebut kita mendapatkan ilmu sebagai hasil laporan yang sistematis. Penelitian itu sudah dilakukan para ahli dan kita bisa membacanya lewat buku pengetahuan maupun ensiklopedi.

Kembali mengingatkan bahwa catatan informasi digunakan untuk menjawab atau menyimpulkan informasi yang diperoleh.

Sesuai dengan tujuan pembelajaran pada unit ini ialah mampu menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dibaca, maka sebelum menyimpulkan teks tersebut sekedar mengingatkan kita buka kembali perbedaan ringkasan dan simpulan.



Pada ringkasan atau kesimpulan akan terjadi perubahan naskah dari naskah aslinya. Keduanya dibuat untuk memendekkan sebuah teks yang panjang. Namun apa yang membedakan ringkasan dan simpulan itu?

Menurut KBBI ringkasan adalah hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita. Ringkas artinya tidak banyak memerlukan tempat, singkat (tentang perkataan, cerita).

Kesimpulan artinya (1) ikhtisar (dari uraian, pidato, dan sebagainya); kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya); (2) keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif.

Catatan informasi yang kita buat itu disebut ringkasan. Pada LKPD sebelumnya kita telah berlatih membuat catatan informasi dengan menggunakan kata atau frasa benda (nomina) seperti contoh: pengertian planet venus, ukuran planet venus, warna planet venus, dan seterusnya.

Ringkasan teks adalah penyajian singkat yang masih mempertahankan hal asli dari sebuah karangan atau teks dan tetap mempertahankan urutan isi. Ringkasan merupakan inti sari uraian yang dipaparkan tanpa opini pembaca. Meringkas memiliki syarat khusus, yakni tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang atau pembicara. Manfaat ringkasan adalah sebagai sarana untuk membantu kita dalam mengingat isi sebuah teks atau uraian yang panjang.

Simpulan adalah pendapat akhir hasil dari proses menyimpulkan berdasarkan uraian sebelumnya dari suatu teks. Simpulan adalah kenyataan berisi fakta, pendapat, atau alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Bisa dikatakan juga bahwa kesimpulan adalah ikhtisar, pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya, dan keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berfikir induktif atau deduktif. (Sumber: KBBI).


Kesimpulan adalah pemaknaan kembali terhadap suatu uraian. Kesimpulan disusun dengan memadukan hubungan logis antara gagasan-gagasan utama dalam suatu teks. Kesimpulan suatu teks berkiatan pula dengan isi dari teks itu. Kesimpulan adalah kata-kata akhir dari  suatu  uraian.


Berikut ini adalah langkah-langkah menyimpulkan informasi yang terdapat pada laporan hasil percobaan.

1. Bacalah dengan seksama laporan percobaan yang akan kita simpulkan

2. Catat setiap informasi yang terdpat pada laporan percobaan tersebut

3. Berdasarkan informasi tersebut, simpulkan informasi dari laporan percobaan tersebut

4. Pilihlah kosaskata baku dan susun dengan gaya kalimat kalian sendiri dengan tetap memperhatikan penggunaan kalimat efektif dan kosakata baku.

Bahasa yang digunakan dalam simpulan mewakili pokok-pokok persoalan dan penyelesaiannya yang diungkapakan dalam tulisan tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat simpula adalah sebagai berikut. 

1. Tulisan simpulan merupakan isi inti dari sauatu uraian atau pembicaraan yang mengarah pada penyelesaian suatu persoalan yang diungkapkan dalam suatu bahasan atau karangan. 

2. Tulisan simpulan harus menjiwai bagian uraian yang panjang secara keseluruhan, sehingga pembaca tidak perlu membaca atau mengingat kembali inti persoalan.
3. Tulisan simpulan harus mengingat kembali inti persoalannya dalam memahami kembali ide sentral dari suatu bahasan atau karangan yang kemudian dihubungkan dengan penyelesaian sebagai suatu solusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS GURU

                                 M enjadi seorang guru adalah pekerjaan yang begitu mulia. Kenapa mulia? Karena guru memberikan suatu keberm...